Monday 23 November 2009

TINJAUAN UMUM ARSITEKTUR KUIL DAN PIRAMIDA

Arsitektur kuil dan piramida merupakan karya arsitektur yang paling menonjol dan terkenal di negara mesir. Kuil-kuil dan piramida tersebut sudah ada ribuan tahun sebelum masehi. Bangunan yang sangat unik ini membuktikan bahwa orang-orang pada zaman dulu khususnya di negara Mesir sudah memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dari bangunan piramida yang besar dan kokoh, dimana saat masa pembuatannya belum ada alat canggih yang dapat digunakan untuk mengangkut batu-batu yang berjumlah hampir 3 juta dengan berat tiap batu 2 ton menjadi sebuah primas segi empat.

Kuil-kuil di mesir biasanya digunakan untuk tempat ibadah dan tempat menyelenggarakan acara-acar keagamaan lainnya. Ciri yang paling menonjol pada bangunan kuil di Mesir yaitu:

  • Bangunan sangat monumental

  • Menggunakan kolom-kolom sebagai penyangga

  • Material yang digunakan adalah batu

  • Memanfaatkan site dalam design

  • Bangunan berbentuk geometris dan simetris

  • Membedakan ruang-ruang berdasarkan fungsinya.

Piramida merupakan bangunan berbentuk geometris segiempat dimana tiap sudut memuncak keatas membentuk kerucut dengan puncak tepat ditengah tengah bangunan. Dibangun diatas area dengan luas 13.6 acres, masing-masing sisi dengan luas lebih dari 5 acres. Piramida raksasa Mesir merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia saat ini. Piramida Mesir ini dibangun dengan ketahan yang luar biasa terhadap panas dan dingin, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Semuanya ini membuktikan Piramida Mesir dibangun dengan teknologi yang luar biasa modern. Tanpanya, bangunan ini tentu sudah tak bersisa setelah menempuh 4600 tahun.

Bagian dalam dari Piramida dibangun menggunakan 2,3-2,6 juta batu besar. Bagian luarnya, dibuat dengan sedemikian indahnya hingga tampak bersinar. Layer terluar (casing stones) ini saat ini telah hilang, sebab pada 600 tahun yang lalu telah dicuri oleh orang-orang Arab. Dengan total casing stones sejumlah 144.000 buah dan dengan cara menatanya, sungguh sangat luar biasa, hingga dapat dilihat dari gunung di Israel yang ratusan mil jauhnya dari sana. Pada abad ke 13, disaat terjadi gempa bumi hebat, menyebabkan Piramida kehilangan beberapa dari casing stones. Selanjutnya, casing stones ini digunakan oleh Arab untuk mempercantik kota El Kaherah, Masjid-masjid di Cairo, termasuk Masjid Sultan Hasan. Luar biasanya, bagian luar dari batu-batu ini dipoles dan dipotong dengan sangat rapi dalam satuan 0.01 inch, sangat sempurna dengan sudut-sudut yang sempurna di ke-enam sisinya. Disusun secara sempurna dengan gap tepat di 0.02 inch. Bahkan dunia modern-pun, tak-kan ada yang mampu menempatkan 20 ton batu dengat tingkat akurasi setinggi ini.

Siapapun yang membangun piramida ini, tentu menggunakan teknologi yang berbeda dengan teknologi kita untuk memotong, memoles, memindahkan, dan men-semen batu dewasa ini. Siapapun yang membangunnya, sudah pasti punya pengetahuan yang luar biasa baik terhadap planet bumi, hingga mampu membangunnya, tepat di tengah daratan dunia, tepat di lokasi paling kuat dimuka bumi, tepat menghadap ke utara bumi.

Ciri yang terlihat dari Piramida yaitu:

  • Bangunan berbentuk geometris dan simetris

  • Bangunan sangat monumental

  • Material yang digunakan adalah batu

  • Membedakan ruang-ruang berdasarkan fungsinya

  • Terdapat relief bnagsa mesir kuno pada dindingnya

  • Bentuk dan warna yang sederhana (menyesuaikan warna sekitarnya)

  • Pola susunan yang bangunan yang khas.



Labels : free wallpapers wall black weldingmachines

No comments: